Sabtu, 24 Maret 2012

CATATAN REDAKSI: TREN MESIN FOTOKOPI

Berbagai pergeseran model dan seri-seri mesin fotokopi dari yang tipe high duty cycle hingga ke tipe mesin fotokopi mini/portable mau tidak mau juga menuntut para penggunanya untuk bisa menyesuaikan antara kebutuhan untuk membeli atau menambah unit mesin duplikasi, dengan sedikit/banyaknya kuantitas produk-produk mesin fotokopi yang kini beredar di pasaran.
Tidaklah terlalu sulit mungkin untuk tipe-tipe mesin yang mini/portable karena memang tipe-tipe ini adalah produk massal yang sangat cepat berganti model.
Sementara fakta yang banyak dijumpai di lapangan, ternyata memang tidak mudah juga baik itu dari segi pengoperasian, ketahanan serta kemudahan untuk mencari suku cadang apabila suatu ketika mesin-mesin yang 'lebih baru' ini kelak mengalami suatu kendala/trouble. 
Beberapa pertanyaan yang kerap muncul adalah apakah mesin-mesin yang tipe baru ini sudah ada suku cadangnya? Kalaupun sudah, mudah dan lebih murahkah didapatnya? Bagaimana dengan  kapasitas skill teknisi dari dealer/distributor mesin fotokopi, sudah memadai atau belum?

Contoh kasus misalnya, iR6570 sering dikeluhkan karena sering error/muncul kode error yang inilah/itulah padahal memang sesungguhnya mesin ini memang sangat membutuhkan kondisi listrik yang benar-benar bisa diandalkan kestabilannya. Bagaimana tidak? hardisk, memory, control panel dan bahkan yang terutama adalah komponen pemanasnya pun sudah jelas-jelas berbeda dari seri pendahulunya yang begitu populer hingga kini yakni iR5000/6000 series.

Ketelitian dalam membeli hingga kemudian memilih mesin fotokopi dan apalagi mesin tersebut akan digunakan untuk usaha copy center/printshop, tentu saja sangatlah penting. Beberapa hal lain yang perlu dicatat dalam wacana ini di antaranya adalah memastikan bahwa dealer/distributor yang akan menjual mesin ke user sudah siap/belum kapasitas skill dari teknisi-teknisinya terutama apabila user membelinya yang tipe rekondisi dan ada jaminan garansi/kontrak servis tertentu. Tidak luput pula adalah pertimbangan mengenai kapasitas listrik di rumah/kantor/ruang usaha sudah OK atau belum untuk operasionalisasi mesin-mesin model baru ini agar lebih lancar bekerjanya.

Salam.

powered by:

powered by:
CV. KARUNIA ABADI SENTOSA | Pusat Penjualan dan Persewaan Mesin Fotocopy Yogyakarta
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger